IPTV TELKOM

PENGENALAN: IPTV adalah suatu sistem jaringan, di mana konten televisi, video, dan berbagai layanan yang bersifat multimedia interaktif didistribusikan menggunakan arsitektur jaringan Internet
IPTV merupakan teknologi yang menyediakan layanan konvergen dalam bentuk siaran radio dan televisi, video, audio, teks, grafik dan data yang disalurkan ke pelanggan melalui jaringan IP (Internet Protocol). meskipun IPTV secara sederhana berarti Internet Protocol Television, tetapi sesungguhnya IPTV bukanlah sekadar content televisi yang didistribusikan melalui Internet. IPTV adalah sinergi antara kekuatan interaksi Internet dan Web, dengan kekuatan media televisi.
IPTV menawarkan hal-hal baru sebagai berikut:
* Broadcast televisi dan video di atas akses Internet.
* Content on demand, yang meliputi video, TV, musik.
* Interaksi multimedia dengan kecepatan true broadband, yang meliputi layanan game, shopping, advertising, dan lain-lain.
* Kualitas layanan (quality of service) dan kualitas pengalaman (quality of experience) bagi pelanggan yang terus terpelihara.
Setiap layanan akan memiliki sifat multiscreen dan dapat ditampilkan melalui beragam perangkat, seperti pesawat televisi, komputer, laptop, dan perangkat sejenis serta mobile terminal dan berbagai gadget. IPTV mendukung broadcast TV service yang mendistribusikan puluhan kanal televisi ke pelanggan, sebagaimana layanan TV melalui terestrial, satelit, atau kabel. Kanal-kanal akan ditawarkan dalam bentuk paket-paket. Sebagai tambahan, network IPTV memungkinkan untuk memberikan kualitas yang lebih baik untuk gambar dan suara, serta sifat yang lebih interaktif. Untuk live TV, IPTV mendukung baik standar SDTV (standard definition) maupun HDTV (high definition); serta resolusi untuk pelanggan yang berupa perangkat komputer maupun gadget. Pemilihan kanal dapat dilakukan melalui menu EPG dengan menggunakan remote control untuk TV, atau menu interaktif. Selain TV broadcast, IPTV juga menyediakan dukungan untuk broadcast audio service.
Berikut general arsitektur IPTV
iptv tutorial
Ciri khas IPTV sendiri adalah interactivity, di mana pelanggan dapat memilih content maupun program yang diingikannya. Fitur interaktif yang disediakan antara lain TV on demand, video on demand, game on demand, music on demand, dan karaoke on demand. Fitur interaktif yang paling unik adalah TV push message service yang digelar pada jaringan private dengan End User Terminal berupa TV. Sehingga pelanggan dimungkinkan untuk mengirimkan pesan antar pelanggan IPTV. Adapun Layanan Video on Demand (VoD) menyediakan konten yang dan disajikan kepada pelanggan dalam bentuk katalog, sehingga pelanggan dapat memilih film yang diinginkan. Katalog VoD juga menyediakan informasi berupa halaman introduksi film, poster film, tipe, tahun pembuatan, judul film, dan harga. Selain dalam bentuk direktori, katalog VoD juga memungkinkan pencarian berdasarkan pengelolaan metadata. Pelanggan juga dapat menggunakan fasilitas bookmark.
Layanan VoD dapat mendistribusikan video dengan maupun tanpa enkripsi, dengan format SDTV maupun HDTV. Menu VoD juga dapat dikontrol oleh fungsi parental control. Features saat memainkan VoD meliputi antara lain  forward winding, multiple speed forward winding and rewind, play, pause, dan jump ke bagian tertentu dari film. IPTV mendukung layanan Time Shift TV (TSTV). Fitur ini memungkin pelanggan memutar/memainkan kembali tayangan program TV yang telah tersedia dengan basis program live TV. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menghentikan siaran dan melanjutkannya kemudian. Misalnya, ketika pengguna menerima panggilan telepon, maka pengguna dapat menghentikan dan melanjutkan tontonannya sejak saat pengguna menghentikan tontonan tersebut. Layanan TSTV ini mendukung fungsi pause, fast rewind, play the TV programs. Fitur lain yang cukup menarik adalah personnel video record dan TV advertisment.
IPTV juga menjadi awal layanan triple play atau satu saluran untuk tiga macam layanan, seperti telepon suara, tontonan, dan internet. Personalisasi, interaktivitas, dan kombinasi layanan membuat penonton bisa mengobrol, mengirimkan pesan teks, mengikuti pemilihan atau polling, transaksi, dan sekaligus iklan interaktif.
iptv tutorial
Di Indonesia layanan IPTV segera dihadirkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) sebagai penyedia layanan TIME (Telecommunication, Information, Multimedia and Edutainment). Hadirnya layanan IPTV di Indonesia, akan mengubah prilaku lifestyle masyarakat Indonesia sebagai pengguna televisi.
Update News:
Telkom IPTV akan mulai digelar dalam bentuk internal service trial di beberapa titik di Jakarta pada Triwulan IV / 2010. External service trial di Jakarta dijadwalkan akan dimulai pada awal Maret 2011. Komersialisasi layanan, disusul layanan di kota-kota lain akan mulai digelar pada tahun 2011 dalam beberapa fase:
* Fase I: Penawaran layanan end-to-end IPTV kepada seluruh pelanggan Speedy Jakarta dengan kecepatan 1 Mb/s ke atas, dan pelanggan korporat tertentu (GPON ready)
* Fase II: Penawaran kepada pelanggan Speedy yang memiliki kecepatan 384 kb/s dan 512 kb/s untuk dimigrasikan menjadi pelanggan bundling IPTV Speedy dan telepon
* Fase III: Penawaran kepada customer baru, dengan bentuk bundling triple play IPTV, internet Speedy, dan telepon
Konfigurasi jaringan IPTV disederhanakan dalam diagram berikut:
topologi iptv telkom indonesia
Beberapa fungsi-fungsi di dalam jaringan IPTV
  1. Head-end, terdiri dari IRD (integrated receiver decoder) yang berfungsi sebagai penerima kanal televisi melalui satelit, dan encoder yang berfungsi mengubah format video ke format baku MPEG-4/H.264 untuk dilewatkan ke jaringan IP.
  2. Middleware merupakan komponen pengendali utama layanan IPTV. Middleware terintegrasi dengan VoD Server, content management/delivery system (CMS/CDS), end-user terminal, CA/DRM dan NMS. Sistem pada middleware mendukung open architecture dan mempunyai open standard interface, untuk berkomunikasi dengan 3rd party application, dan mendukung pengembangan layanan baru dengan cepat.
  3. BCMS (business and content management system) merupakan sistem yang digunakan untuk mengelola bisnis dan konten sistem IPTV.
  4. VoD (video on demand) merupakan sistem yang memberikan layanan on demand kepada pelanggan. VoD didistribusikan dengan mekanisme yang memungkinkan minimalisasi biaya.
  5. CA (conditional access) / DRM (digital right management) adalah suatu mekanisme yang memungkinkan sistem memberikan hak akses terautentikasi terhadap sebuah program yang diminta user.
  6. End User Terminal dibagi ke dalam beberapa tipe tergantung dari akses yang digunakan. Untuk jaringan private akan digunakan home gateway dan set top box (STB), dimana home gateway merupakan gerbang koneksi ke jaringan broadband, sedangkan STB merupakan perangkat antarmuka dari home gateway ke terminal TV pelanggan. Untuk jaringan publik akan digunakan client application yang diinstall di perangkat dan terintegrasi dengan browser yang digunakan.
  7. CDN (content delivery network) merupakan perangkat yang digunakan untuk membantu distribusi konten di atas jaringan.
  8. NMS (network management service) merupakan sistem yang digunakan untuk memelihara dan memonitor jaringan yang digunakan men-deliver layanan IPTV.
Beberapa standard yang digunakan dalam jaringan ini dipaparkan sebagai berikut.
  1. Codec untuk video seluruhnya menggunakan bakuan ITU-T H.264 (ISO/IEC MPEG-4 Part 10 ) yang mendukung baseline dan main profile untuk encoding dan enkapsulasi video.
  2. Untuk delivery dengan metode stream multicast, maka End User Terminal akan menerima stream dengan protokol IGMP (RFC 2236).
  3. Untuk delivery dengan metode multicast streams harus mendukung TS (ISO 13818-1) over RTP (RFC 1889) over UDP (RFC 768), atau harus mendukung TS over RDP.
  4. Platform IPTV harus mendukung audio stereo broadcast untuk seluruh kanal TV.
  5. Untuk layanan berbasis On Demand (VoD, TVoD, PVR, TSTV), maka End User Terminal (Televisi, PC, Gadget ) harus mendukung pengaturan layaknya VCR, dengan menggunakan protokol standar, yaitu HTTP (RFC 2616) atau RTSP (RFC 2326).
Berikut File yang berkaitan dengan Set Top Box:
http://telkom.tv/files/IPTV_STB_Manual_ZXV10_B600.pdf
http://telkom.tv/files/IPTV_STB_Manual_ZXV10_B700.pdf
http://telkom.tv/files/IPTV_STB_Troubleshooting.pdf

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © INFORMATION FOR YOU - Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes - Sponsored by Internet Entrepreneur